Sabtu, 15 Februari 2020

Download Rpp Ips 1 (Satu) Lembar Smp Kelas 9 Tahun 2020

Download RPP IPS 1 (satu) Lembar Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 tahun 2020 _Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, seorang pendidik/guru seharusnya mempunyai panduan dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan semoga supaya proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa berjalan dengan baik dan maksimal. Panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dituangkan dalam bentuk RPP.
Terkait dengan pembuatan RPP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan bahwa terkait kebijakan merdeka belajar, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu disederhanakan (Jpnn.com). RPP yang para rekan guru buat dengan belasan komponen menyerupai (1) identitas sekolah, (2) identitas mata pelajaran atau tema/subtema (3) kelas dan semester (4) bahan pokok (5) alokasi waktu (6) tujuan pembelajaran, (7) Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (8) bahan pembelajaran (9) metode pembelajaran (10) media pembelajaran (11) sumber mencar ilmu (12) langkah-langkah pembelajaran (13) evaluasi hasil pembelajaran. Kini ketigabelas komponen tersebut disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN saja yaitu: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta evaluasi pembelajaran (assessment), sedangkan komponen yang lain hanya bersifat sebagai pelengkap.
Pada masing-masing tiga komponen RPP, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi catatan saat kita hendak menciptakan RPP 1 Lembar. Beberapa hal tersebut ialah sebagai beriut:
Tujuan Pembelajaran Pada RPP 1 Lembar SMP. 
Berkaitan dengan pembuatan RPP 1 lembar, tujuan pembelajaran mengacu pada:
  • Tujuan Pembelajaran hendaknya ditulis dengan merujuk pada kurikulum 2013 serta kebutuhan mencar ilmu dari akseptor didik
  • Tujuan Pembelajaran didalam RPP menggambarkan dari seluruh proses serta hasil mencar ilmu yang nantinya diperlukan sanggup dicapai oleh siswa dan sesuai dengan kompetensi dasar
  • Dalam penyusunan tujuan pembelajaran pada RPP yang disederhanakan hendaknya dirumuskan menurut komptensi dasar dengan memakai Kata Kerja Operasional (KKO)yang sanggup diamati serta diukur dengan meliputi sikap, pengetahuan serta keterampilan
Langkah- Langkah Pembelajaran pada RPP 1 Lembar SMP
Adapun hal yang menjadi pola dalam pembuatan langkah-langkah pembelajaran pada RPP 1 Lembar Sekolah Menengah Pertama ialah sebagai berikut:
  • Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP 1 Lembar Sekolah Menengah Pertama hendaknya ditulis secara efektif berupa acara yang sanggup secara eksklusif menggapai Kompetensi Dasar. Namum demikian, acara pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta sanggup memotivasi siswa atau akseptor didik.
  • Langkah-langkah acara pembelajaran tetap memuat komponen keterampilan kurun 21 diantaranya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Penilaian Pembelajaran (Assesment) pada RPP 1 Lembar SMP
Pada RPP 1 Lembar, Penilaian pembelajaran hendaknya:
  • Prosedur evaluasi pembelajaran hendaknya dibentuk sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  • Penilaian pembelajaran juga sanggup dilakukan dengan tetap memperhatikan tiga bentuk evaluasi kurun 21, menyerupai assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.
Selanjutnya, bagi rekan-rekan guru yang telah menciptakan RPP IPS dengan memakai format yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, tentunya tetap boleh dipakai untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, bagi rekan-rekan guru yang hendak menciptakan dalam versi baru, berikut ini kami sertakan link-link contoh RPP IPS 1 Lembar jenjang Sekolah Menengah Pertama semester 2 kelas 9 tahun 2020. Diharapkan link-link yang kami sertakan, sanggup membantu rekan guru semua. Rekan guru tentunya sanggup menyebarkan sendiri dengan tetap berpedoman dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru yaitu efektif, efisien serta berorientasi pada akseptor didik.

Contoh RPP IPS 1 (satu) Lembar Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 tahun 2020
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/ Genap
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP
Kompetensi Dasar :
  • 3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, forum sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
    • Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
  • 4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, forum sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
IPK
  • Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
Materi : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional
Tujuan Pembelajaran : Melalui acara pembelajaran memakai model Problem Based Learning yang menuntun akseptor didik untuk mengamati(membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan kesannya di depan kelas perihal perdagangan internasional
Sumber Belajar: Buku Siswa IPS kelas IX, Buku IPS lain yang relevan, internet: www.infoguruku.net, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan
Pertemuan Pertama
Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi

  • Guru menanyakan perihal bahan pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
Kegiatan Pembelajaran
  • Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui yang disajikan oleh guru,
  • Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, akseptor didik diminta untuk mendiskusikan perihal hal-hal yang ingin diketahui pengertian ketergantungan antar ruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).
  • Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
  • Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumus kan pertanyaan menurut hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Dengan pertayaan awal:
  1. Jelaskan pengertian perdagangan internasional?
  2. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
  3. Apa manfaat dari perdagangan internasional?
  4. Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
  5. Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS 1)
  6. Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan dipakai untuk menuntaskan permasalahan di Lembar Kerja Siswa
  • Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja siswa sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
  • Peserta didik melaksanakan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
  • Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
model : Problem Based Learning
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1
Alat dan Bahan :
- Gambar/Vidio perdagang
Internasional
- Power poin
Penutup dan umpan balik
  • Guru dan akseptor didik secara bahu-membahu menciptakan kesimpulan
  • Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi projek.
Evaluasi tes
Lembar kerja siswa 1
Selanjutnya, bagi anda yang berminat unduh file contoh RPP IPS 1 (satu) Lembar jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas 9 sanggup anda download pada tautan berikut ini:
A. Materi perihal perdagangan internasional (unduh)
B. Materi perihal menyebarkan ekonomi kreatif menurut potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (unduh)
C. Materi memanfaatkan persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa (unduh)
D. Materi Pengembangan Pusat sentra keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat (unduh)
E. Materi Pasar Bebas (unduh)
F. Materi Indonesia dari masa kemerdekaan sampai masa reformasi (unduh)

Demikanlah info download RPP IPS 1 (satu) lembar Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 tahun 2020. Semoga bermanfaat buat semua.
Sumber https://www.infoguruku.net/

Artikel Terkait