Kamis, 18 Oktober 2018

Soal Tryout Mupel Bahasa Indonesia Kelas Vi 2020


Untuk membantu siswa dalam berguru dirumah, di libur karantina terkait wabah virus corona, gurune berikan pola soal yang sanggup dipakai untuk berguru dirumah, silahkan sobat sanggup kerjakan eksklusif di website .


Sampel Soal

Jawablah pertanyaan ini!
31. Urutan petunjuk cara memakai dispenser berikut!
         
  1. Colokkan steker dispenser ke stopkontak.
  2. Tekan tombol ON untuk menyalakan dispenser.
  3. Tunggu hingga mencapai suhu yang diinginkan.
  4. Tuang air ke gelas dengan menekan atau memutar keran.


Urutan  petunjuk cara memakai setrika listrik berikut!
  1. Colokkan steker ke stopkontak
  2. Putar sakelar pengatur suhu
  3. Tunggu hingga panas yang diinginkan
  4. Gunakan setrika secara efektif


Sebutkan 2 persamaan dari penggunaan kedua alat tersebut dengan benar!
32.Perubahan iklim ekstrem telah mengakibatkan gletser infinit di kutub utara dan gunung-gunung es menyerupai Kilimanjaro dan Jaya Wijaya mencair drastis. Ketika suhu Bumi naik dan es mencair, volume air maritim semakin banyak sehingga rata-rata permukaan maritim juga meningkat. Permukaan air maritim secara global tercatat sudah naik 20 sentimeter dalam seratus tahun terakhir.
Hal ini menimbulkan garis pantai mulai terkikis dan mengakibatkan daratan pinggir pantai mulai tenggelam. Setidaknya delapan pulau dataran rendah di Samudra Pasifik telah lenyap di bawah permukaan laut, sementara beberapa di antaranya menyerupai kepulauan Maladewa (Maldives), Fiji, dan Kiribati hingga kini masih berisiko tinggi tenggelam.
Pengikisan garis pantai ini lalu ikut menempatkan kota-kota metropolitan tinggi populasi insan akrab dataran pantai atau delta sungai (Shanghai, Bangkok, Jakarta, Tokyo, dan New York) dalam risiko besar. Bahkan, hampir setengah daratan Belanda sudah “tertelan” di bawah permukaan laut.
Namun sementara es di kutub mencair dan permukaan air maritim naik, sejumlah wilayah di sub-Sahara Afrika mengalami kekeringan berkepanjangan akibat global warming. Kenaikan suhu Bumi juga menimbulkan angin kencang tropis dan gelombang panas ekstrem (heatwave) yang menimbulkan kematian ratusan orang di banyak sekali berbagai bagian dunia.
Susunlah pokok pikiran di atas menjadi paragraf yang padu!

33. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru Sekolah Menengan Atas 1 Bandung.
Yang aku hormati, Ibu Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang aku hormati, bapak dan ibu guru beserta staf Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Kota Bandung, dan juga teman-teman seperjuangan aku yang aku cintai.
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT dikarenakan telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita sanggup hadir dan berkumpul di sini. Tak lupa, salawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa juga para sahabatnya serta kita umatnya di final zaman.
Sebutkan unsur – unsur pidato yang ada pada penggalan teks pidato di atas!
34. Kekeringan
Kemarau menjelang, bumi kering kerontang
Aliran air menguap hilang
Matahari terang-benderang, tak ada awan bergelantungan
Tanaman mati, pohon kering bangun nyalang
Akibat banyak hutan ditebang
Susunlah puisi tersebut menjadi sebuah prosa!

35. Nama aku Lia Farida Herawati. Lahir di Palangkaraya pada 8 April 2001. Jadi, usia aku sudah 11 tahun. Saya bersekolah di SD Negeri 1 Sungai Danau, Kelas V. Kegemaran aku dikala ini yaitu membaca, menulis, dan menyanyi. Ayah aku berjulukan Muhammad Syafarudin. Ibu saya bernama Nurhayati. Orangtua aku orisinil dari Palangkaraya. Sekarang, aku masih tinggal bersama orangtua di Jalan PLN Lama No. 6, Sungai Danau, Kalimantan Selatan. Prestasi yang pernah aku raih, di antaranya menjadi Juara II lomba menyanyi anak tingkat kabupaten. Selain itu, saya pernah menjadi Juara I lomba mengarang cerita anak tingkat kabupaten..    
Buatlah daftar riwayat hidup dari bacaan di atas!
Nama                                       : ……………………………
TTL                                         : ……………………………
Agama                                     : ……………………………
Kewarganegaan                       : ……………………………
Pendidikan                               : ………………………

Prestasi yang pernah diraih      : ……

Cara pengerjaan 

silahkan masuk ke link ini dan klik isi formulir.

Isi semua pertanyaan dan terahir kirim jawaban.

Soal Latihan



Sumber https://www.gurune.net/

Artikel Terkait