Persamaan hak dan kewajiban antara golongan laki-laki dan perempuan dalam bidang tertentu merupakan salah satu bentuk penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Kongres Perempuan Indonesia. Dalam melaksanakan kegiatan demi kepentingan bangsa dan negara, setiap golongan mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Alasan-alasan yang bersifat kedaerahan, keagamaan, kesukuan, dan golongan harus dikesampingkan dengan tetap menghormati dan menghargai adanya perbedaan. Sikap tersebut juga berlaku dalam bidang kebudayaan.
Upaya-upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan nasional yang lain yaitu sebagai berikut.
- Secara terus-menerus diadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat.
- Kegiatan penggalian situs-situs bersejarah dan pemeliharaan temuantemuan sejarah harus senantiasa digalakkan.
- Pengembangan budaya kawasan dan nasional melalui pendidikan dan pengajaran, contohnya menjadikan bahasa dan kesenian kawasan sebagai mata pelajaran muatan lokal wajib di sekolah-sekolah.
- Senantiasa dikembangkan perilaku menghormati kebudayaan sendiri dan kebudayaan kawasan lain.
- Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri yang merupakan warisan leluhur.
Ayo Berlatih
Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut.
Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.
No. | Pernyataan | Sikapku | ||
Setuju | Tidak Setuju | Alasan | ||
1. | Mempelajari kesenian dari kawasan lain. | √ | - | Mengetahui kesenian kawasan lain yang merupakan penggalan dari kebudayaan nasional |
2. | Mengagung-agungkan suku bangsanya sendiri. | - | √ | Sikap mengagungkan suku bangsa sendiri akan menjadikan permusuhan |
3. | Memilih ketua kelas menurut kesamaan kawasan asal. | - | √ | Memilih ketua kelas menurut kesamaan kawasan menerangkan perilaku kurang menghargai perbedaan |
4. | Memilih-milih sobat menurut kesamaan kawasan asal. | - | √ | Memilih sobat hanya sedaerah kurang menghargai perbedaan |
5. | Tidak mengikuti upacara bendera. | - | √ | Tidak menerangkan perilaku cinta tanah air |
6. | Mengibarkan bendera Merah Putih setiap hari besar kenegaraan. | √ | - | Mengibarkan bendera setiap hari besar menerangkan perilaku cinta tanah air dan bangsa Indonesia |
7. | Mempelajari bahasa asing. | - | √ | Mempelajari bahasa ajaib memperluas wawasan |
8. | Berdiam diri di rumah saat ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya. | - | √ | Tidak mengikuti kerja bakti menerangkan perilaku kurang menghargai persatuan |
9. | Lebih menentukan memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda malam. | - | √ | Memilih memperlihatkan upah kepada orang lain menerangkan perilaku kurang menghargai kebersamaan di lingkungan sekitar. |
Ayo Berdiskusi
Buatlah satu kelompok belajar.
Catatlah keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu.
Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana cara kelompokmu memperlihatkan perilaku mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara bersama dalam satu kelas. Buatlah menyerupai tabel berikut!
No. | Keragaman Suku Bangsa dan Budaya | Sikap yang Ditunjukkan |
1. | Ada anak yang bersuku lain | Berteman dengan baik dan tidak saling mengejek suku masing-masing |
2. | Ada pertunjukan kesenain kawasan lain | Ikut mempelajari dan menyaksikan pertunjukan |
3. | Ada sobat sedang melaksanakan upacara adat | Ikut menghadiri dan memperlihatkan perhatian upacara tabiat teman |
4. | Ada pemilihan ketua kelas | Memilih ketua kelas menurut kemampuan bukan menurut asal daerah. |
5. | Ada sobat sedang sakit | Berkunjung dan memperlihatkan semangat walaupun beliau berasal dari suku lain |